Hari Konsumen
Layanan PublikPendidikan

Perkumpulan Lembaga Perlindungan Konsumen (PLPK) Ucapkan hari jadi Polri ke-74

Perkumpulan Lembaga Perlindungan Konsumen (PLPK) Ucapkan hari jadi Polri ke-74, semoga tambah sukses dalam mewujudkan Harkamtibmas, Penegakan Hukum dan selalu terdepan dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Dirgahayu Bhayangkara ke-74.

M. Imam Machfudi Noor ketua Perkumpulan Lembaga Perlindungan Konsumen (PLPK) menyebut di usia ke-74 ini, kinerja Kepolisian sudah sangat baik. Banyak sekali kinerja Kepolisian yang patut diapresiasi, misalnya dalam hal pemberantasan narkoba, penanganan tindak pidana kriminal hingga kejahatan di bidang Siber. Begitu juga di tengah-tengah musibah Pandemi Covid -19, peran Polri sangat luar biasa.

Lebih lanjut Imam menilai dari segi penindakan kejahatan kriminalitas prestasi Polri juga sangat baik, tapi dari segi pencegahan tindak kejahatan perlu ditingkatkan dengan melibatkan organisasi terkait dan unsur masyarakat.

Kemudian di Bidang Perlindungan Konsumen dukungan Kepolisian sangat baik, sebagaimana diwujudkan dalam MoU antara Menteri Perdagangan dengan Kapolri tentang Penegakan Hukum, Pengawasan dan Pengamanan Perdagangan. Terutama terkait dengan pengawasan pelaku kartel dan e-commerce nakal yang merugikan konsumen. MoU ini harus lebih disosialisasikan secara lebih masif lagi.

Imam pun menerangkan Terkait Perlindungan Konsumen di bidang jaminan Fidusia, Kapolri telah mengeluarkan Perkap nomor 8 tahun 2011. Dan pasca keluarnya Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tertanggal 6 Januari 2020 tentang Fidusia, yang intinya Leasing atau Debt Collector dilarang menarik kendaraan tanpa putusan pengadilan. Putusan MK ini sudah Final dan mengikat. Bahkan Leasing atau Debt Collector yang nekat melanggar bisa dipidana dan diancam dengan 3 pasal berlapis. Berkaitan dengan hal tersebut, pimpinan Polri beberapa kali memberikan statemen yang keras kepala pihak Leasing dan Debt Collector. Tetapi masih banyak oknum Polisi di lapangan yang justru berpihak ke Leasing atau Debt Collector.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker