Hari Konsumen
Transportasi

Dugaan Penggelapan BPKB di PT Tunas Toyota Cimindi, LPKSM WKI : Kelalaian Dealer Rugikan Konsumen

Suarakonsumencerdas-Bandung : Hilangnya Bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) milik Konsumen yang diambil oleh Sales dari PT Tunas Toyota Cimindi disoroti oleh ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Wahana Konsumen Indonesia Mengatakan ada dugaan unsur kelalaian dari Dealer sehingga terjadi tindak pidana.

Ketua LPKSM Wahana Konsumen Indonesia (WKI) dan juga Anggota BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) Kota Bandung Hariang Dede Taufik, S.H. menyebutkan ada dugaan kelalaian prosedur dari PT Tunas Toyota Cimindi.

“Ada kelalaian prosedur dari pihak dealer. Harusnya nama yang tertera yang berhak ambil langsung ke kantor dealer,” Penjelasannya kepada wartawan suarakonsumencerdas melalui WA, Sabtu (17/07/2020).

Lebih lanjut Hariang Dede mengatakan hilangnya BPKB milik konsumen adalah tindakan kejahatan yang dilakukan oleh oknum sales namun dalam kejadian ini dealer Toyota seolah membuka celah.

“Iya kejahatannya sudah pasti, Tapi dealer seolah memberi celah terjadinya kejahatan, Ini persfektif perlindungan konsumen nya di situ,” ucapnya.

Menurut Hariang Dede untuk menyelesaikan permasalahnya konsumen bisa melakukan tindakan hukum baik secara perdata atau pidana untuk memperjuangkan haknya sebagai konsumen.

“Bisa perdata bisa pidana, Perdata terkait tidak terpenuhinya hak konsumen. Pidana terkait penggelapannya,” terangnya

Konsumen pun bisa mengadukan permasalahan nya kepada Badan Penyelesaian Sengketa konsumen (BPSK) untuk membantu penyelesaian permasalahannya.

“Yang terakhir itu bisa diajukan ke BPSK atau pengadilan umum,” tutupnya.#(RM)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker