Hari Konsumen
Event

Dukung UMKM Tingkatkan Daya Saing, PENMAS FIP UPI Gelar Pelatihan Digital Marketing

Suarakonsumencerdas-Cimahi : Mendorong upaya merubah cara pandang wirausaha dan kemampuan penggunaan teknologi agar para UMKM di Cimahi mampu berdaya saing, tim Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Pendidikan Masyarakat FIP UPI memberikan kontribusi berupa pendampingan bagi para pelaku UMKM melalui penyelengaraan pelatihan berbasis digital marketing untuk meningkatkan motivasi berwirausaha, Sabtu (12/09).

Berlokasi di PKBM Bina Mandiri Cipageran. Kegiatan dimulai sejak pagi hari diawali dengan sambutan yang diwakili oleh Devi Damayanti, S.Pd selaku Bendahara PKBM Bina Mandiri Cipageran dan dibuka oleh penguatan materi kewirausahaan oleh ketua Tim Pengabdian Pada Masyarakat Departemen Penmas FIP UPI yaitu Dr. H. Ade Sadikin Akhyadi, M.Si.

“Melihat permasalahan para pelaku UMKM dengan tantangan zaman perlu sekiranya mengenal dan menerapkan sebuah alat untuk mempermudah para UMKM agar akses dalam berwirausaha lebih mudah dan efektif serta efisien.” Ujar Ade Sadikin.

Adapun pelatihan tersebut juga menghadirkan Pengurus Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) wilayah Jawa Barat bidang IT dan Data yang juga merupakan Konsultan Adopsi Teknologi Informasi dan Digital Marketing untuk UKM bidang Industri Fashion, Food, dan Pendidikan, dan Dosen Informatika  Unjani Sigit Anggoro S.T, M.T.

Dalam paparannya Sigit menyampaikan mengenai 4 langkah Go Digital agar UMKM mampu melakukan adapatasi kesempatan baru.

“Pandemi memang memunculkan ancaman namun untuk yang siap justru menjadi peluang. Adaptasi online harus dilakukan UMKM dengan tetap melakukan strategi yang cerdas sesuai karakter produk dan pelayanan terbaik. Bagaimanapun yang dihadapi bukan hanya teknologi, tetapi hubungan interpesonal antara UMKM sebagai pemilik produk dan pelanggan dan terbukanya pasar yang lebih luas.” Ujar Sigit Anggoro.

Setelah pematerian diberikan, peserta pelatihan melakukan refleksi dan tindak lanjut mengenai pengembangan usahanya bersama dengan Cucu Sukmana, M.Pd selaku Tim Pengabdian, Dosen Pendidikan Masyarakat FIP UPI dan sekaligus pendamping UMKM juara wilayah Kota Cimahi

Kedepannya, Tim Pengabdian ini akan melaksanakan pendampingan kewirausahaan agar para UMKM mampu mengembangkan potensi dan sumberdaya yang dimiliki pada aspek pengelolaan usahanya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker