Hari Konsumen
Isu HangatLayanan Publik

Saat Konsumen Merasa Dirugikan, WKI : Konsumen Bisa Menuntut Pelaku Usaha

(Foto : Ilustrasi Net)

Suarakonsumencerdas-KBB : Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat Wahana Konsumen Indonesia (WKI) menegaskan kepada Konsumen untuk melakukan tuntutan terhadap pelaku usaha apabila ada dugaan wan prestasi dari pelaku usaha, untuk mendapatkan hak nya sebagai konsumen

Menanggapi masih banyaknya pelaku usaha yang di duga kurang bertanggung jawab terhadap hak konsumen,  Menurut Hariang Dede Taufik, S.H. Ketua LPKSM dari Wahana Konsumen Indonesia (WKI) menyebutkan bahwa dalam situasi ini konsumen melakukan tuntutan terhadap  pelaku usaha, developer atau lembaga yang tidak bertanggung jawab. baik tuntutan secara langsung atau melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

“ini wan prestasi, konsumen Bisa Menuntut kepada pelaku usaha untuk memenuhi kewajibannya. Baik langsung atau melalui pihak ketiga. Pihak ketiga dalam hal ini bisa ke BPSK,” Terang Hariang. saat dihubungi oleh kantor SKC,¬† Rabu (23/09/20)

Ditanyakan mengenai hak apa yang bisa didapatkan oleh konsumen, menurut Hariang hal itu menyesuaikan dengan isi surat perjanjian yang sudah di sepakati bersama

“Ya sesuai yang diperjanjikan di perjanjian. Ini kan keterlambatan waktu. Bisa juga menuntut ganti rugi atas keterlambatan itu, sepanjang dapat dibuktikan kerugian berdasarkan keterlambatan.” katanya.

lebih lanjut Hariang mengatakan konsumen harus mengetahui hak-hak nya dan juga melakukan langkah-langkah preventif sebelum melakukan pembelian, menurutnya ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Langkah preventif yg bisa dilakukan konsumen perumahan adalah (walaupun bukan jaminan):
1. Memilih developer yg kredibel, memiliki reputasi baik yg dibuktikan dgn fortopolio perumahan yg pernah dia bangun.
2. Jangan sungkan untuk menanyakan legalitas status tanah termasuk legalitas developer.
3. Sebaiknya memilih developer yang bekerjasama dengan bank.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker